counters

Selasa, 29 Mei 2012

Basmi Junk File!!!

Gara-gara nginstall game, sekarang memory komputer ane jadi kena junk file! Junk File adalah file yang tidak diperlukan yang hadir akibat pengoperasian dan kegiatan pada system komputer, dapat pula disebut sebagai file sampah yang menumpuk pada harddisk hingga menjadikan kinerja harddisk tidak optimal, efek yang dirasakan pada umumnya komputer terasa lambat dan tentunya akan mengganggu kegiatan penggunaan komputer. Terdapat cara manual yang membutuhkan beberapa langkah disertai command-command rumit untuk membasmi Junk File pada system, namun tersedia begitu banyak software yang dirancang oleh programmernya yang dikhususkan sebagai tool untuk membersihkan Junk File. Maka dalam artikel kali ini artikeltips.com akan membahas 15 software terbaik untuk membasmi Junk File, tentunya software ini bersifat freeware yang dapat dimiliki secara gratis pada website penyedianya.

Remove Empty Directories
(http://www.jonasjohn.de/lab/red.htm) File size: 395KB
Seiring waktu, hard disk Anda cenderung untuk mengakumulasi ratusan folder kosong yang tersisa dari proses penghapusan file, seperti foto, video dsb. Remove Empty Directories (RED) memungkinkan untuk mencari dan menghapus direktori kosong dengan cepat dan mudah. Folder yang ditemukan oleh tool ini dapat ditinjau sebelum melakukan proses penghapusan permanen dan tersedia opsi yang memungkinkan untuk memberi pengecualian pada direktori tertentu.
CCleaner
(http://www.piriform.com/ccleaner) File size: 2.89MB
Tentu saja pengguna PC yang bijaksana telah memiliki CCleaner terinstal pada komputernya, program yang memiliki reputasi baik dan selalu direkomendasikan untuk penggunaannya, yang memiliki keunggulan proses mudah dan cepat saat digunakan. Saat ini pada versi terbaru telah memberi dukungan pada free Download Manager, Comodo Dragon dan Songbird, serta mengintegrasi pula Google Chrome dan antivirus AVG. Peningkatan pada registry pembersihan pada ekstensi file yang tidak terpakai.
PC Decrapifier
(http://www.pcdecrapifier.com/) File size: 128MB
Pada umumnya tool pembersihan junk file akan menghapus penumpukan file yang tidak diperlukan yang terakumulasi dari waktu-kewaktu, namun PC Decrapifier dirancang untuk PC yang baru terinstall operating system, menghapus semua software trial, item start-up dan browser toolbar yang tentunya hadir pada saat awal proses installasi OS, hal yang dapat menyebabkan menurunnya kinerja komputer. Tersedia pula opsi Restore Point untuk mengembalikan pengaturan seperti semula.
CleanMem
(http://www.pcwintech.com/cleanmem) File size: 1.07MB
Program ini akan membersihkan file yang tidak diinginkan pada memory, dengan penggunaan CleanMem akan memperbaiki manajemen memory Windows dan menjaga system berjalan lancar. Dapat mengatur penjadwalan program untuk waktu yang ditentukan dalam proses pembersihan memory rutin, dan dapat pula menggunakan keyboard shortcut untuk menjalankan CleanMem yang kemudian mengatasi monopoli memory atas penggunaan suatu program berjalan (firefox contohnya).
EraseTemp
(http://www.nodesoft.com/erasetemp) File size: 124KB
Program yang sederhana tapi memiliki manfaat berguna yang bekerja secara otomatis menghapus temporary files dari system untuk mencegah penggunaan memory berlebihan sehingga memonopoly disk space. Program ini akan menghapus file sementara serta file yang biasa disebut memory-dump files, yang tercipta ketika windows berhenti merespon. Walau jika melihat dari segi ukuran (file size) tergolong kecil tapi manfaat yang diberikan tidak kalah oleh program lainnya pada list ini.
Wise Disk Cleaner Free
(http://www.wisecleaner.com/) File size: 4.3MB
Kombinasi antara disk cleaner dan disk defragmenter, program yang sempurna dalam membersihkan dan mempercepat sistem hanya dalam beberapa menit. Wise Disk Cleaner Free memungkinkan menghapus file-file sementara dan sampah-bahkan yang tersembunyi – dengan satu klik, dan dapat dijadwalkan untuk berjalan secara teratur pada waktu yang telah ditentukan. Tapi ingatlah untuk hapus opsi Ask toolbar and homepage selama instalasi.
Browser Cleaner
(http://tcpmonitor.altervista.org/) File size: 898KB
Program ini akan sangat berguna bagi yang sering berganti menggunakan web browser baik penggunaan secara satu persatu maupun secara bersamaan, Browser Cleaner memungkinkan untuk menghapus cookies, history dan temporary internet files dari Internet Explorer, Firefox, Chrome, Opera dan Safari hanya dalam sekali proses, juga menghapus Flash dan Java caches, karena seperti yang kita ketahui bahwa web browser adalah yang paling besar turut andil dalam memonopoly memory.
SlimCleaner
(http://www.slimcleaner.com/) File size: 3.69MB
Program dengan sertifikat resmi dari microsoft ini pernah dibahas secara khusus pada artikel sebelumnya, yang secara efisien memberikan perawatan/maintenance pada windows. Sampai saat ini juga masih dalam versi beta sebelum penyempurnaan total suatu saat nanti, direkomendasikan karena memiliki komunitas yang selalu memberikan feedback berupa masukan untuk hasil terbaik. Dikemas dengan fitur, termasuk membersihkan opsi untuk Windows dan browser, sebuah uninstaller dan file shredder.
AM-DeadLink
(http://aignes.com/deadlink.htm) File size: 1.8MB
Sesuai namanya program ini untuk membersihkan link yang tidak valid lagi,  jadi ada baiknya membersihkan entri yang tidak valid dalam Bookmarks atau menu Favorites menggunakan AM-DeadLink. Tool ini berguna untuk mendeteksi situs-situs yang tersimpan namun linknya telah dinyatakan mati, dan juga mendeteksi duplikat pada system. Versi terbaru kini terintegrasi dengan IE, Firefox, Chrome dan Opera. Merupakan program yang cocok untuk optimalkan kinerja browser.
Comodo System-Cleaner
(http://system-cleaner.comodo.com/) File size: 10MB
Tool yang diangggap powerfull disertai fitur lengkap dapat dibuktikan kemudahannya dalam memberantas file sampah tentunya setelah menggunakannya, Program ini memungkinkan memilih antara cepat dan menyeluruh untuk membersihkan, disk Registry dan pembersih privasi, serta dapat menghapus file yang sulit atau tidak bisa dihapus yang sangat merepotkan. Juga membantu untuk mencegah download tool lain yang tidak penting saat proses installasi suatu program.
System Ninja
(http://thewebatom.net/) File size: 1.77MB
Program yang sangat baik menghapus file sampah, seperti entri dalam cache thumbnail dan game, memiliki tombol Analyzer untuk merinci informasi dari setiap entri. Sistem Ninja juga mencakup manajer start-up, proses dan CCEnhancer yang memberikan fungsi tambahan. Akibat dari kesamaan kinerja dan fitur maka program ini dapat dikatakan sebagai pesaing CCleaner, bahkan sama ringannya saat proses penggunaan dan mudah dipahami oleh pengguna (user friendly).
Revo Uninstaller
(http://www.revouninstaller.com/) File size: 2.52MB
Telah dikenal secara umum sebagai uninstaller terbaik yang tersedia, membuang program yang tidak diinginkan secara total dalam waktu sekejap saja. terutama berguna sebagai mode pencarian yang menggantikan interface standar icon cross-hair, untuk menghentikan secara otomatis program yang berjalan atau kill proses yang sedang berjalan. Program ini telah memiliki reputasi baik oleh penggunanya dan dapat mengelola file-file dengan aman, efektif dan efisien.
Duplicate Cleaner
(http://www.digitalvolcano.co.uk/content/index.php) File size: 1.02MB
Tanpa disadari dari bertambahnya koleksi foto, mp3 dan dokumen lainnya yang selanjutnya diproses untuk digunakan maka mudah sekali terjadi duplikat file yang muncul tanpa disadari. Dengan menggunakan program ini akan membantu merapikan harddisk dengan mendeteksi kemudian menghapus semua file yang memiliki kesamaan nama serta atribut lainnya, duplikat yang ditemukan dapat dikirim ke Recycle Bin ataupun dihapus secara permanen.
Auslogics Registry Cleaner
(http://www.auslogics.com/en/) File size: 4.51MB
Registry yang berantakan dapat memperlambat system, namun beresiko pula bila dihapus secara manual, maka dari itu jalankanlah Auslogics Registry Cleaner, maka program ini akan memperbaiki kesalahan registry seperti empty keys, invalid shortcuts dan missing files. Memindai dengan cepat dan memiliki opsi pada tombol Repair maka akan menyelesaikan semua masalah dan mencakup Rescue Center. Singkatnya program ini membantu anda memperbaiki registry tanpa resiko sama sekali.
Driver Sweeper
(http://phyxion.net/) File size: 4.57MB
Rutin menjaga driver hardtuk driver yang disediakan oleh Microsoft, AMD dan Intel memungkinkan Anda menghapusnya langsung, dan menciptakan backup otomatis kalau-kalau sesuatu berjalan salaware untuk selalu up to date sangatlah penting, tetapi alangkah lebih bijaksana jika disertai menghapus entri lama yang tidak berguna, Driver Sweeper akan melakukan scan pada system unh. Pastikan Anda tidak memilih pilihan MyShoppingGenie selama instalasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar