counters

Rabu, 15 Agustus 2012

Tuyul... Oh... Tuyul....


Apa dan Bagaimana sih , mahkluk halus yang namanya Tuyul tuh ?

***

Sebagian, mungkin dah pada tau kan gambaran si Tuyul ? kagak jauh beda ma Upin & Ipin. Tapi rada ganteng Tuyul dikit, daripada Upin. Bagi yang kagak tau kerjaan dan profesi si Tuyul ... Silahkan ntar wawancara sendiri. Sebabanecapek ngewawancarai si Tuyul, tau sendiri kan kalo Tuyul tuh mulutnya menyilang, horisontal. Jadi rada-rada susah ngomongnya, sumpahanelebih banyak kagak ngertinya ketimbang ngertinya.anesuruh nulis biodata dan kata-kata Mutiarapun mereka kagak mungkin bisa, mengingat jari-jari mereka cuman ada 3. Kenapa sih kog ada Tuyul ? menurut sejarahnya sih, Tuyul adalah bayi-bayi orang yang keguguran atau meninggal sebelum sempat di lahirkan, makanya perilakunya pun seperti anak kecil seusianya ... masih seneng bermain.

Menurut Observasi ane sih, kagak sedikit yang di rugikan akibat ulah si Tuyul ini. Baik itu sang korban, pemilik Tuyul, penjual Tuyul atau bahkan Tuyulnya sendiri. Kagak percaya ? nih alasannya :



* Pemilik Tuyul baik yang sah maupun yang Afkiran ( dituduh miara Tuyul ) tak akan pernah lepas dari bahan gunjingan warga yang merasa kehilangan uangnya.

* Penjual Tuyul ? Nah penjual Tuyul nih, bakalan merugi kalau mpe Tuyul yang udah dibeli harus dibalikin majikan barunya karena malas beroperasi, sukanya mainan mulu kagak mau kerja.

* Korban ? sudah barang tentu si korban di rugikan dengan hilangnya duit milik mereka, padahal belum tentu tuh duit mereka dapatkan dengan tanpa ngeluarin keringat

* Sementara Tuyulnya ? kerugian non materi jelas-jelas yang sering di keluhkan oleh para Tuyul, mereka para kelompok Tuyul sering protes ... Orang yang di tuduh miara Tuyul, kadang mpe berani sumpah pocong segala buat ngebuktiin jika mereka kagak bersalah. Tuyul kan jadi kagak enak ma tetangga baik mereka, pake bawa-bawa nama Pocong segala ? Selain itu, Tuyul juga sebel ama sikap tidak adil manusia yang sering melanggar HAM ( Hak Asasi Makhluk alus ) . Bagi Tuyul, Manusia bukan hanya ngelanggar HAM tapi juga kagak berperikesetanan ...

" Bayangin aja kalau Tuyul ketangkep warga, majikan yang nikmatin hasil uangnya ... Nama Tuyul yang di masukin koran ma wartawan, tau sendiri kan kalau Tuyul kagak bisa Narsis di depan kamera ?? " terang Tuyul geregetan.

" Loh kog bisa ? " tanyaanedi sela-sela wawancara itu

" Ya bisa donk  ! Sekarang coba ak liat Judul berita utama koran pagi jika kita ketangkep ? "

' TUYUL TERTANGKAP WARGA dan DI MASUKAN TOPLES '

kagak mungkin beritanya ....

' SAROPAH KETANGKAP WARGA dan DI MASUKAN TOPLES '

" Mana muat kaaaakkkkk ?? ... " tereak Tuyul kompak, mengaspirasikan tuntutannya.

Gue cuman manggut-manggut, di salah satu pihak,anengedukung Tuyul, sementara di pihak lain ...anemenyayangkan ke'Goblok'an gue. Nah, pertanyaannya ... dari mana bocah-bocah bercawet ini di rekrut ma majikan-majikan barunya ? Maka dengan antusiasnya para TKI ( Tuyul Klepto Ingusan ) ini ngejelasin asal-usulnya. Kayak lagi numpang promosi gitu

" Tuh majikan bisa nebus kita dari beberapa tempat , Gunung Kawi-Malang, Gunung Surowiti-Panceng, Gresik serta beberapa wilayah di Jawa Tengah " celoteh mereka.

Gue kembali manggut-manggut kagak pake cemberut ...

Iseng-isenganengebayangin jikaanepingin kaya mendadak, berapa duit yang harusanekeluarin buat bawa pulang tuh Tuyul ke rumah trusanepekerjakan dia sebagai TKI ? Kira-kira sebulan, sudah balik modal pa kagak ?? Ataukah mungkin tuh Tuyul pake acara negosiasi dulu ma calon majikan barunya ...

" WANI PIRO ? "

Gue meres otak, kagak berani tanya.anetakut ntar di kiranyaanetertarik ma iklan Tuyul. Iiicchh ... kagak sudi punya piaraan yang hobi nyuri. Mungkin di antara pembaca banyak yang bertanya-tanya, gimana caranya sang calon majikan ngebawa tuh Tuyul ? Di gendong, di gandeng atau di sundulin gitu aja kayak bola ?? Jawabannya sudah pasti kagak semudah yang di bayangin. Karena selain persiapan mental ... sang calon Majikan juga harus bisa kuat Imron ( Disini kagakanesebutin Iman, karena bagiane... orang2 yang sudah terjerumus begituan sudah pasti kagak punya Iman ). Sebab kagak jarang proses pengambilan Tuyul itu, Makhluk2 ghaib yang lain seperti Genderuwo dan Kuntilanak juga akan ikutan hadir buat ngelepas dan nyampein kata-kata perpisahan ke rekan seperjuangan mereka. Jika kagak kuat Imron, bisa-bisa sang calon majikan bakalan kejungkel-jungkel gara2 lari ketakutan. Dan jika kuat Imron,maka calon majikan bakalan sukses ngebawa pulang tuh Bocah bercawet. Sebagai tanda bukti jika tuh Tuyul udah di bawa, calon majikan bakalan ngedapetin cinderamata berupa kendi sebagai tempat Tuyul selama dalam perjalanan. Kebayang kan, gimana ribetnya kita bawa-bawa kendi sepanjang perjalanan ? ntar malah di kira mau nyaingin Nenek Gayung yang kemana-mana selalu bawa tiker ma gayung ... Nah loh ! Celaka 2x akhirnya, kalo nenek Gayung kagak terima ada manusia yang niru-niru trendsetter dia ? apa yang terjadi coba ? Resiko ke-2, Bukankah kehadiran Nenek Gayung di depan mata sambil ngacung-ngacungin gayungnya bisa nyebabin penyakit gagal jantung ? tentu saja jawabannya bisa (aneyakin, kali ini klinik Tong Feng kagak bakalan bisa nyelametin Elu ) Karena masalahnya rumit bin ribet, menyangkut nama baik Tuyul, Genderuwo, Kuntilanak dan sesepuh mereka, Nenek Gayung. Ckckckckkc ... Emang si Tuyul itu ya, kecil-kecil tapi udah pinter bikin heboh.

Nah, udah pada tau kan apa dan gimana setan yang punya nama Tuyul itu ??

Bentuknya Kecil, Imoet, Botak tapi bandelnya minta ampun. Saran gue, dari pada minta ampun ke tuh Tuyul ... mending kita minta ampun kepada Tuhan sang maha pencipta. Siapa tau sekilas kita pernah berfikiran buat ngedapetin duit dengan cara cepat dan kilat karena saking kagak kuatnya nanggung beban ekonomi yang di bawah SNI ?

Rezeki sudah di bagi-bagi sesuai takarannya, Besar-Kecilnya Rezeki semua tergantung pada usaha kita. Ada yang berprinsip bahwa Rezeki tuh udah ada yang ngatur, lalu cuman diem aja di rumah sambil nungguin tuh rezeki nyamperin, tanpa kita mau berusaha ? ... mana bisa coba ??aneyakin yang datang pasti tukang Kredit bukannya Duit.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar